Langsung ke konten utama

Fakta Menarik Rambutan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Kali ini Karti Septi akan memberikan informasi menarik nih tentang Fakta Menarik Rambutan dan manfaatnya bagi kesehatan. Setelah sebelumnya Karti Septi menulis tentang Rival Abadi yaitu Fakta Menarik Kucing dan satu lagi Fakta Menarik Tikus. Sekarang Karti Septi ingin membagikan informasi tentang buah unik berambut yaitu rambutan. 

Buah Rambutan sudah tidak asing lagi bagi kita warga asia tenggara. Buah Rambutan banyak penggemarnya. Bukan hanya penampilannya yang menarik tapi rasanya juga tak kalah menarik. Rasanya ada manis bukan cuma janji-janji manis saja, ada juga yang rasanya asam+manis jadi semakin berasa. Ada juga yang rasanya hanya asam saja yang membuat seger body dan pikiran.


Nah untuk lebih jelasnya mari baca nih di bawah tentang Fakta Menarik Rambutan. Untuk saran dan masukannya boleh tulis di komentar saja ya.



1. Asal Mula Kata Rambutan


Untuk orang Indonesia pasti sudah tahu dari mana asal nama 'Rambutan'. Nama rambutan berasal dari fisik buah rambutan itu sendiri yang mempunyai rambut pada sekeliling kulit luarnya.

2. Masih Satu Keluarga Dengan Lengkeng


Mungkin kali ini banyak yang kurang tahu ya ternyata rambutan dan lengkeng itu satu keluarga bahagia. Buah rambutan bernama Nephelium lappaceum temasuk Sapindaceae yang satu keluarga dengan lengkeng.

Memang setelah diingat-ingat rasanya tidak jauh beda dengan lengkeng, coba ingat-ingat kalian juga. Tapi banyak orang yang akan menjawab "lebih manis lengkeng". Itu semua tergantung selera masing-masing. Yang pasti kedua-duanya merupakan buah yang luar biasa.

3. Dapat Berbuah 2 kali dalam Setahun.


Sebagian besar orang berpikir bahwa rambutan itu berbuah 1 kali dalam setahun yaitu di antara bulan september-desember. Pendapat itu tidaklah keliru karena tergantung pada kondisi lingkungan tempat rambutan itu tumbuh. 

Tapi tahukah kalian bahwa rambutan itu dapat berbuah 2 kali dalam setahun. Seperti yang saya bilang di atas bahwa rambutan itu tergantung lingkungan tempat tumbuhnya. Rambutan berbuah sangat tergantung dengan suhu dan hujan (adanya air). Contohnya di Sumut (Sumatra Utara) rambutan sering berbuah dua kali.

4. Bahasa inggrisnya Rambutan.


Apa hayoo bahasa Inggrisnya rambutan? ada yang tahu? buah rambutan merupakan buah asli dari Asia tenggara. Oleh sebab itu buah rambutan Bahasa Inggrisnya tetap 'Rambutan'. Jadi tidak usah pusing pusing jika ditanya bahasa Inggrisnya rambutan ya.

Bagaimana jika ditanyakan ke orang Eropa tentang buah rambutan? coba saja kalian tanyakan kepada orang eropa soal rambutan, pasti sebagian mereka bingung. Sebagian mereka akan bingung karena orang Eropa jarang sekali menjumpai buah rambutan.


5. Pertama Berbuah Saat 5-6 Tahun Tapi bisa juga berbuah 2 tahun Jika....


Rambutan awal berbuah setelah berumur 5-6 tahun, bila ditanamam dari biji. Tapi rambutan bisa berbuah dengan cepat jika melalui cangkok. 

Dengan cangkok juga memberi beberapa keunggulan lainnya yaitu sudah pasti cepat berbuah dan rasa manis yang dominan. Namun dengan cangkok biasanya umur menjadi lebih pendek dan kekuatan pohon berkurang.

6. Varietas Unggul Rambutan dari Departemen Republik Indonesia Sampai 2005.

Ada beberapa varietas unggul rambutan yang di lepas Departemen Republik Indonesia sampai 2005 yaitu:


1. 'Rapiah' dari Pasar minggu,
2. 'Bahrang' dari Langkat,Sumatra Utara
3. 'Lebak bulus' dari Pasar minggu,
4. 'Sibatuk Ganal' dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan,
5. 'Nona' dari Kampar, Riau,
6. 'Binjai' dari Sumatra Utara
7. 'Antalagi' dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan,
8. 'Sibongkok' dari Sungai Luhut, Kalimantan Selatan,
9. 'Garuda' dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan
10.'Tangkue Lebak' dari Kecamatan Maja, Banten,
11.'Narmada' dari NTB,

7. Biji Rambutan Bisa Dimakan. 

Tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata biji rambutan itu bisa di makan. Walaupun rasanya cenderung pahit dan sedikit masam tetapi biji rambutan dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan salah satunya untuk mencegah diabetes.

8. Menghasilkan 5000-6000 buah per tahun.

Setiap rambutan berbuah maka orang-orang membawa karung untuk memetik buah rambutan. Buahnya sekali berbuah banyak sekali. Ternyata 1 pohon rambutan menghasilkan buah rambutan sebanyak 5000-6000 buah pertahun, banyak juga yahh.

9. Dapat dibuat minyak goreng, sabun atau lilin.

Selainn dimakan ternyata buah rambutan dapat diolah yaitu menjadi minyak goreng, sabun dan juga lilin. 

Untuk menjadi minyak goreng Karti Septi juga masih kurang tahu bagaimana kualitasnya. Untuk yang tahu, beri tahu ya di kolom komentar.

Untuk dibuat menjadi sabun memang tidak terlalu unik seperti dibuat menjadi minyak goreng karena rambutan juga berkhasiat bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Namun saya masih belum nyoba nihh.

Jika ingin dibuat lilin maka itu dari kulit rambutan. Menurut saya dari keliatannya juga memang kulit dalam rambutan seperti lilin. Jadi tinggal diolah saja kulit rambutan itu jika ingin kalian buat menjadi lilin 

Manfaat Rambutan


1. Mengatasi Diabetes.


Biji dan kulit rambutan ternyata dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal tersebut diluar perkiraan manusia kebanyakan yang beranggapan bahwa rambutan itu malah menyebabkan diabetes. Ternyata ehh ternyata kandungan zat dari kulit dan biji rambutan sendiri dapat menurunkan (mencegah) diabetes.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

Rambutan memiliki kandungan vitamin c yang banyak. oleh sebab itu rambutan juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

3. Menguatkan Tulang.

Rambutan mempunyai Fosfor, zat besi dan kalsium di dalamnya yang sangat baik bagi kesehatan tulang dan resiko tulang keropos.

Kandungan vitamin c nya dapat menjadi nutrisi yang dibutuhkan tulang juga.

4. Membersihkan Ginjal.

Kadungan fosfot dalam daging rambutan membantu tubuh kita dalam menyaring limbah dari tubuh sehingga kerja ginjal berkurang. Juga mineral yang ada dalam rambutan dapat membantu fungsi ginjal bekerja dengan baik.

5. Mencegah Kanker.


Rambutan juga dapat mencegah kanker lohh. Dengan anti oksidannya rambutan bagus untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh dan dapat mencegah terjadinya kanker.

6. Menyekatkan Jantung.

Vitamin C dalam rambutan juga dapat menyehatkan jantung dengan mencegah radikal berbahaya. Ini juga bermanfaat untuk memperbaiki dan memperkuat dinding pembulu darah yang rusak.

7. Meningkatkan Kualitas Sperma.

Tingginya kandungan vitamin c dalam rambutan membuat kualitas sperma meningkat. Penelitian membuktika bahwa vitamin c itu meningkatkan kualitas sperma.

Nah itulah sahabat Karti Septi informasi menarik tentang fakta menarik rambutan dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga informasinya bermanfaat bagi kalian para pembaca dan mohon maaf bila ada kesalahan.

Baca Juga : 



Komentar

  1. info yang sangat bermanfaat
    jangan lupa berkunjung ke apalagi23.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta Menarik Singa

Singa adalah hewan yang sangat mudah di kenali. Salah satu jenis kucing juga, kucing besar. Hewan ini menjadi simbol dari kekuatan. Singa menjadi favorit bagi banyak orang karena auranya yang kharismatik dari pada hewan yang lainnya. Tidak heran singa di sebut-sebut sebagai raja hutan. tanpa banyak kata langsung saja, inilah beberapa fakta menarik soal singa. 1. Berkelompok Berbeda dengan kucing besar kebanyakan yang berkelana sendiri, singa hidup secara berkelompok yang di sebut dengan prides. Satu kelompok biasanya terdiri dari 15 singa.  2. Singa Betina yang berburu  Hmmm, wahh ini akhir zaman nihh wkwk (becanda). 85-90% cari makan di lakukan oleh singa betina. Singa biasanya berburu dari sore hingga terbit fajar. 3. Singa jantan bertugas melindugi prides (lions grups) dan juga menjaga wilayah kekuasaan.  Tuhh kalau singa jantan ada tanggung jawab akan kelompoknya agar tidak terjadi apa-apa. 4. Suara aungan singa terdengar hingga jarak 5 miles atau kira-kira 8 km

Fakta Menarik Batagor yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. mempunyai ciri khas rasa yang unik dengan bumbunya yang menarik. Makanan ini disebut dengan batagor. Peminat dari makanan ini tidaklah sedikit. Banyak orang yang menyukai makanan ini, terlebih untuk sekarang banyak batagor yang mempunyai rasa dan khas tersendiri tergatung abangnya. Nah langsung saja kita bahas tentang fakta menarik dari batagor ini. 1. Asal Mula Makanan Batagor Tepatnya di Bandung ada seseorang yang bernama Isan (pak isan) memulai usaha kecilnya di gang situ saeur, Bandung sekitar tahun 1970_1980an. Pak Isan sebenarnya bukan asli orang Bandung, melainkan seorang perantau asal purwokerto, Jawa Tengah. Datang ke Bandung dengan niat mencari pekerjaan. Mencari pekerjaan ternyata tidaklah mudah. Mencari pekerjaan beberapa bulan terasa susahnya dan tetap pak Isan tidak mendapatkan pekerjaan. Pak Isan memutuskan untuk ikut berjualan baso keliling untuk mengisi waktu luang dan menganggu

Fakta Menarik Serigala. Pantes Sering Ada di Film, Cerita dan Disukai Banyak Orang

Serigala merupakan hewan yang unik. Banyak film dan cerita diambil dari hewan ini. Mempunyai tampang yang indah sekaligus menyeramkan menjadi ciri khas unik tersendiri. Apalagi dari suara lolongan mereka yang menarik, serigala banyak disukai orang-orang. Oleh sebab itu saya tertarik juga untuk membuat postingan tentang fakta menarik dari serigala ini, yang di ambil dari beberapa sumber. Mereka Hampir Punah. Sebenarnya banyak dari spesies serigala yang sudah punah. Dan yang masih hidup pun terancam keberadaannya. Populasi dari serigala abu-abu saja di Amerika Utara pada tahun 1600 adalah 2 juta. Saat ini populasi di Amerika Utara adalah sekitar 65.000. Populasi dunia adalah sekitar 150.000. terlihat sekali bukan penurunan polulasi dari serigala. Serigala Hidup Berkelompok, Disebut Dengan Pack. Setiap kelompok biasanya terdiri kurang lebih dari 20 serigala. Kawanan Serigala Dipimpin Oleh Sepasang Serigala yang Disebut Alpha. serigala terkuat akan menjadi pemi