Tuesday, May 7, 2019

Fakta Menarik Kucing yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Kucing merupakan hewan yang terbilang paling dekat dengan lingkungan Manusia.

Banyak orang yang memelihara kucing. Banyak yang berkomentar bahwa kucing adalah hewan yang lucu dan teman yang baik. 

Namun banyak orang yang kurang tahu beberapa fakta menarik kucing. Jika anda ingin tahu fakta menarik kucing yang jarang diketahui banyak orang maka simak beberapa faktanya berikut. 


Kucing berkeringat ditelapak kakinya

Kadang ada yang mempertanyakan 'kucing itu berkeringat apa tidak ya?' Jawabannya kucing itu berkeringat, hanya saja di telapak kakinya saja. 

Kucing tidak merasakan rasa manis 


Percuma anda memberinya coklat atau bolu karena memang kucing tidak merasakan rasa manis. 

Manusia mempunyai kurang lebih 9000 sensor daraf lidah sedangkan kucing hanya 473 sensor saraf pada lidah. Sehingga kucing tidak dapat merasakan rasa manis seperti yang manusia rasakan.

Kucing tidur rata-rata 16-18 jam sehari


Jangan heran jika kalian sering melihat kucing tertidur. Kucing menghabiskan waktunya untuk tidur kurang lebih sekitar 16-18 jam sehari. 

Lidah kucing sebagai pembersih 


Dari beberapa penelitian menjelaskan bahwa Kucing lebih bersih dari manusia. Alat pembersih utamanya yaitu lidahnya. Lidah kucing mempunyai permukaan kasar sehingga mudah untuk membersihkan kulit dan bulunya.

Banyak yang berkomentar kucing merupakan sumber penyakit. Tapi banyak researh menyatakan air liur kucing pun bersih. Tidak ditemukan kuman yang bervareasi.


Jari kaki depan kucing berjumlah 5 dan jari belakangnya 4



Sadar enggak? Ternyata jumlah jari kaki kucing itu rata rata yang depan 5 dan belakang 4. Namun kucing polidaktil mempunyai 6 jari kaki depan dan 5 jari kaki belakang.

Kelenturan yang luar Biasa

Hal itu dikarenakan susunan tulang kucing dan banyaknya tulang kucing sehingga membuat kucing lentur

Kucing juga tidak memiliki collarbone. Yaitu sebuah tulang yang melintang di tubuhnya. Ini memungkinkan kucing bisa masuk celah selebar kepalanya. Begitu kepalanya masuk, maka dipastikan tubuhnya akan mudah melewatinya.

Cakupan pandangan kucing 185 derajat


Itu sebabnya jika Kucing peka sekali ketika ada yang mendekatinya. Tikus yang gesitpun dapat dengan mudah dilirik oleh kucing. 


Kucing kampung dapat berlari 30 mil/jam
Atau sekitar 45 KM/jam 


Jangan sangka, kucing seperti terlihat malas padahal dia memiliki potensi. Jadi sebenarnya kucing bukan malas tapi kalem, mungkin.

Kucing dapat melompat 5-7 kali tinggi badannya


Ada yang pernah bermain-main kain dengan kucing agar dia melompat? Pasti kemungkinan dia bisa menggapainya jika kain kalian tingginya kurang dari 2 meter kali. Kucing dapat melompat 5-7 kali tinggi badannya karena tulang kakinya yang lentur. 

Ekornya adalah pusat keseimbangan

Kucing paling sensitif bila dipegang ekornya. Jika ekornya tidak sengaja terinjak atau tertindih tangan maka kemungkinan kucing akan menjerit.

Ada beberapa orang yang tidak layak ditiru yang menalikan kain atau tali ke ekornya sehingga kucing terus berputar mengejar ngejarnya agar lepas. 

Itu menandakan tidaknyamannya kucing ketika ada yang menyentuh ekornya karena ekor kucing merupakan keseimbangannya.

Baca juga :

Fakta Menarik Tikus yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Fakta Menarik Rambutan dan Manfaatnua Bagi Kesehatan



Location: Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia

0 comments:

Post a Comment