Langsung ke konten utama

Fakta Menarik Batagor yang Jarang Diketahui Banyak Orang



Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. mempunyai ciri khas rasa yang unik dengan bumbunya yang menarik. Makanan ini disebut dengan batagor.

Peminat dari makanan ini tidaklah sedikit. Banyak orang yang menyukai makanan ini, terlebih untuk sekarang banyak batagor yang mempunyai rasa dan khas tersendiri tergatung abangnya.

Nah langsung saja kita bahas tentang fakta menarik dari batagor ini.

1. Asal Mula Makanan Batagor


Tepatnya di Bandung ada seseorang yang bernama Isan (pak isan) memulai usaha kecilnya di gang situ saeur, Bandung sekitar tahun 1970_1980an. Pak Isan sebenarnya bukan asli orang Bandung, melainkan seorang perantau asal purwokerto, Jawa Tengah. Datang ke Bandung dengan niat mencari pekerjaan.

Mencari pekerjaan ternyata tidaklah mudah. Mencari pekerjaan beberapa bulan terasa susahnya dan tetap pak Isan tidak mendapatkan pekerjaan. Pak Isan memutuskan untuk ikut berjualan baso keliling untuk mengisi waktu luang dan menganggurnya. Selama beberapa tahun pak Isan Berdagang baso di Bandung, memukul-mukul kayu kecil di tangan untuk mencari perhatian pelanggan akan dagangannya.


(gambar hanya pemanis)

Ada dimana hari yang dirasanya kurang baik yang di alami pak Isan yaitu ketika dagangannya masih ada yang tersisa. Pak Isan bingung karena dagangannya tidak bisa dijual lagi untuk hari esok karena akan basi, mau dibuang sayang juga.

Saat itu pak Isan menggoreng baso dan tahu kukusnya yang tidak habis itu. Pak Isan kemudian membagikan tahu dan baso gorengnya itu ke tetangga kontrakannya. Hal itulah yang menjadi kebiasaan pak Isan jika dagangannya tidak habis.

Kedermawanan pak Isan kian dikenal dan hal yang tak terduga pun terjadi. Setelah beberapa waktu rupanya para tetangganya mulai menyukai baso tahu gorengnya. Ketika dagangan baso tahu kukusnya tidak habis, maka para teman dan tetangganya menanyakan baso tahu goreng yang biasanya pak Isan bagikan ke tetangganya. Bukan karena gratis saja, ya tetapi karena rasanya juga yang membuat tertarik.

Hari-hari pun berlalu bahkan kadang tetangga dan temannya pun ingin membeli baso tahu goreng tersebut, tidak ingin lagi mendapatkan baso tahu goreng secara gratisan. Sejak saat itu para tetangga dan teman pak Isan pun memberi nama singkatan dengan makanan dari pak Isan itu dengan 'batagor'.

Akhirnya dari sanalah pak Isan mulai merintis usaha batagornya dan nama makanan batagor mulai dikenal banyak orang. Pak Isan pun menemukan cara baru untuk mempersingkat proses membuat batagor tanpa dikukus dahulu. Hal itu mempermudah pembuatan batagornya.

Usahanya pun kian berkembang. Tidak hanya orang-orang disekitar saja, bahkan dari daerah lain pun mulai mendengar soal batagor dan mulai berdatangan untuk menikmati batagornya pak Isan tersebut.

Usahanya pun kian meningkat dan karena dirasa tempat kontrakannya tidak lagi memadai maka pak Isan pidan ke jalan Bojongloa No 38 ke rumah yang lebih luas. Bahkan, Alhamdulillah dari usahanya itu juga ia dapat kesempatan datang ke tanah suci.

Pak Isan juga telah membuka beberapa cabang. Setelah beberapa tahun berlalu pak Isan pun wafat pada tahun 2010 dalam usinya 79 tahun.

Itulah sejarah batagor pertama kali. Banyak hal inspriratifnya kan dari cerita pak Isan ini. Apapun itu pasti terselip hal baik jika kita menerimanya dengan baik.

2. Varian Batagor

Setelah beberapa waktu berlalu tentunya batagor juga memiliki beberapa varian. Varian apakah saja itu??, mari simak.

  • Blackbatagor


Varian ini berasal dari kedai batagor Coy yang membuat varian baru batagor hitam ini. Batagor ini terbuat dari adonan tepung tapioka yang sudah dicampur dengan charcoal atau arang hitam.

  • Batagor Korean Honey

Bagaimanakah Makanan khas Bandung ini berpadu dengan rasa dari negeri ginseng ini ya?. Batagor ini dihiasi dengan saus madu berbeque ala kuliner korea.

  • Batagor Burger

Batagor ini seperti namanya, batagor ini memiliki perpaduan dari kuliner dari indonesia dan juga dari barat. Rasa gurih batagor dipadu dengan daging dalam isian burger yang membuat ngiler.

Itulah beberapa varian dari batagor yang menggukah selera. Dan tentunya masih ada lagi varian kekinian dari batagor yang tidak di bahas karena banyaknya.

3. Batagor go to Mancanegara

Tidak banyak diketahui ternyata batagor sendiri sudah go to Internasional. Batagor ke mancanegara. datang dari usaha kecil dan menengah, Batagor Yoel’s yang mampu megekspor batagor khas kota lautang api ini sampai juga ke Amerika Serikat, Jepang, Hongkong, Taiwan, Qatar, Australia dan Kanada.


Yang berbeda dari batagor ini adalah diberi kuah dengan bumbunya. Batagor ini seperti masakan siap saji, jika ingin memakannya tinggal di seduh dengan air dan masukan bumbunya.

Nah itulah guys fakta menarik dari Batagor. Makanan khas daerah kita juga ternyata memiliki kualitas yang sangat patut dibanggakan. Terlebih kita tahu sendiri, soal rempah-rempah negara Indonesia mempunyai banyak sekali rempah-rempah beragam. Hal itu perlu kita syukuri dengan mencintai makanan-makanan lokal Indonesia.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fakta Menarik Singa

Singa adalah hewan yang sangat mudah di kenali. Salah satu jenis kucing juga, kucing besar. Hewan ini menjadi simbol dari kekuatan. Singa menjadi favorit bagi banyak orang karena auranya yang kharismatik dari pada hewan yang lainnya. Tidak heran singa di sebut-sebut sebagai raja hutan. tanpa banyak kata langsung saja, inilah beberapa fakta menarik soal singa. 1. Berkelompok Berbeda dengan kucing besar kebanyakan yang berkelana sendiri, singa hidup secara berkelompok yang di sebut dengan prides. Satu kelompok biasanya terdiri dari 15 singa.  2. Singa Betina yang berburu  Hmmm, wahh ini akhir zaman nihh wkwk (becanda). 85-90% cari makan di lakukan oleh singa betina. Singa biasanya berburu dari sore hingga terbit fajar. 3. Singa jantan bertugas melindugi prides (lions grups) dan juga menjaga wilayah kekuasaan.  Tuhh kalau singa jantan ada tanggung jawab akan kelompoknya agar tidak terjadi apa-apa. 4. Suara aungan singa terdengar hingga jarak 5 miles atau kira-kira 8 km

Ini Dia 7 Fakta Unik dan Ciri-Ciri Orang Jenius Siapa Tahu Anda Salah Satunya

Kadang kita tidak menyadari akan lingkungan di sekitar kita. Sebenarnya mungkin saja di lingkungan dekat kita itu terdapat orang-orang yang luar biasa, yaitu orang-orang yang jenius. Hadirnya orang jenius jarang di sadari oleh lingkungan di sekitarnya karena keunikannya.  Nah untuk sahabat karti septi yang belum tahu uniknya orang jenius maka bacalah sampai tuntas tulisan tentang fakta unik orang jenius ini. Siapa tahu anda termasuk orang jeniuss lho. Orang jenius merupakan orang yang sangat unik karena sifat mereka yang berbeda dengan orang lain pada umumnya. Nah untuk lebih lanjutnya, ini dia fakta unik orang jenius. 1. Tidak Terlalu Memikirkan Penampilan Orang jenius itu sering tidak peduli dengan yang namanya penampilan. Maka jangan heran jika orang-orang yang memiliki kemampuan berpikir tinggi penampilannya cenderung terlihat biasa saja. Hal tersebut dikarenakan orang jenius lebih memikirkan hal besar. Bisa dilihat dari orang-orang yang sudah diketah